Bimbingan Teknis Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)
Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Guna Memperoleh Perencanaan Yang Matang Dalam Pengembangan Kompetensi Dan Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah
Rancang bangun atau desain dan keharmonisan program Diklat adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses penyelenggaraan Diklat, dan merupakan unsur yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan penyelenggaraan program Diklat. Agar desain program Diklat yang dirumuskan oleh SKPD atau Unit Kerja pengelola Diklat harmonis, atau sesuai dengan kebutuhan pengembangan kompetensi SDM dari SKPD atau Unit Kerja pengguna Diklat, maka perlu adanya proses awal berupa Analisis Kebutuhan Diklat (AKD). Langkah paling utama dan pertama dalam penyusunan rancang bangun suatu program Pendidikan dan Pelatihan adalah kegiatan Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan (AKD) atau Training Needs Assessment (TNA).Analisis kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan memiliki kaitan erat dengan perencanaan Pendidikan dan Pelatihan. Perencanaan yang paling baik didahului dengan identifikasi kebutuhan. Kebutuhan pendidikan dan pelatihan dapat dilihat dengan membandingkan antara tingkat pengetahuan dan kemampuanyang diharapkan (sebagaimana terlihat pada misi, fungsi dan tugas) dengan pengetahuan dan kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh pegawai.
Analisa kebutuhan diklat ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data yang spesifik serta akurat mengenai susunan kemampuan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap jabatan struktural pada setiap lembaga pemerintahan. Menyadari hal tersebut, peningkatan kompetensi melalui penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, memandang perlu untuk menyusun Analis Kebutuhan Diklat (AKD) untuk membantu dalam menganalisis kebutuhan-kebutuhan diklat yang betul-betul diperlukan dalam peningkatan kompetensi aparatur. Analisa kebutuhan diklat menjadi salah satu tahap yang penting untuk membantu organisasi menentukan treatment yang dibutuhkan dalam organisasi Oleh karena itu Penyusunan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) penting untuk dilaksanakan dalam menjawab semua kebutuhan tersebut.
MAKSUD DAN TUJUAN
- Memahami Konsep dan Gambaran Analisa Kebutuhan Diklat SDM guna Terwujudnya perencanaan Diklat Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Lingkungan Sekretariat Daerah
- Meningkatnya Kapasitas dan Profesionalitas Tugas, Peran dan Fungsi Bagian Organisasi untuk memproses usulan pengiriman peserta bimbingan teknis, Diklat, workshop, lokakarya, atau sejenisnya dalam rangka meningkatkan kinerja, kompetensi, dan profesionalitas ASN di Sekretariat Daera
- Terwujudnya perencanaan Diklat Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Lingkungan Sekretariat Daerah untuk menyiapkan sumber daya aparatur yang kompeten, terampil, dan berkualitas.
MATERI BIMTEK
- Konsep Pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis kompetensi Di Sekretariat Daerah
- Strategi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) pada; Tingkat Sistem, Tingkat Organisasi dan Tingkat Individu Di Lingkungan Sekretariat Daerah
- Merumuskan program diklat berbasis kompetensi bagi ASN berdasarkan Pendidikan, Pangkat, Golongan dan Jabatan yang tepat sasaran sesuai kebutuhan organisasi
- Merumuskan kriteria program diklat untuk Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional yang menunjang kompetensi Dan Profesionalitas Aparatur Di Lingkungan Sekretariat Daerah
- Konsep dan Gambaran Analisa Kebutuhan Diklat SDM (Pengertian, Tujuan fungsi dan manfaat, Jenis dan tingkatan Analisa kebutuhan Diklat)
- Langkah langkah analisis & Teknis pelaksanaan Analisa kebutuhan Diklat
- Latihan / Simulasi tata cara menyusun analisa kebutuhan (AKD) Diklat
- Interpretasi Analisa kebutuhan Diklat dalam perencanaan Diklat ASN Di Lingkungan Sekretariat Daerah
NARASUMBER
- DR Joko Cristanto, M.Sc
- DR. Rumsari Hadi Sumarto, SIP, MAP
- Tirta Brachnata, SE, MM
SASARAN PESERTA
- Bagian Organisasi Sekretariat daerah
- Sub bagian Pendayagunaan Aparatur Bagian Organisasi Sekretariat daerah
METODE BIMTEK
- Presentasi materi
- Diskui
- Studi kasus
Waktu Pelaksanan Pelatihan
Hari | Tanggal/Bulan/Tahun |
---|---|
Jum’at – Minggu | 00/00/2024 |
Tempat Pelaksanaan
Hotel Horaios*** Malioboro Jl. Gowongan Kidul No. 57, Kota Yogyakarta
Biaya dan Fasilitas :
Biaya Pelatihan | Fasilitas |
---|---|
Rp. |
|
Mekanisme Pembayaran Pelatihan
Biaya Pelatihan dibayar Melalui BANK MANDIRI KCP Yogyakarta Kotagede
No Rek : 137-00-2087037-0 A.n. Indonesia Management Consulting
Pendaftaran Pelatihan
Layanan Informasi Pelatihan melalui Kontak person :
HP/WA: 082342773999 (Rama) – 082236843610 (Haris)
Silahkan Mendaftar dengan mengirimkan Format Sbb:
Yth. Panitia Pelatihan Bimbingan Teknis Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)
Mohon didaftarkan sebagai peserta : Nama, Jabatan dan Instansi, No. Telp Instansi, No. HP Peserta.
Di kirim ke WA : 082342773999 – 082236843610
atau via Email : info@indomanagement.com
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!